Berbagi dan Ketahui Lokasi Teman Lewat Google Latitude


Janjian bertemu seseorang atau teman tp masih cari-mencari (waduh bahasa apa ini)… Sudah bukan jamannya lagi SMS, kamu dimana?? aku udah disini.. Cukup dengan aplikasi gratis dari Google kita bisa mengetahui teman (bisa lebih dari 1) sedang berada dimana. Nama aplikasinya adalah google latitude, berikut adalah cuplikan sedikit mengenai google latitude :

Googla Latitude merupakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk berbagi lokasi tempat mereka berada dengan teman dan keluarga. Walaupun demikian, fitur ini tidak akan menunjukkan lokasi spesifik tempat pengguna berada tapi memberikan informasi bahwa pengguna sedang berada di suatu lokasi pada waktu tertentu.[1] Cara penggunaannya cukup mudah, seseorang harus memiliki akun Google terlebih dahulu lalu akses halaman http://www.google.com/latitude/intro.html

[1]. Seseorang juga bisa mengundang teman dan keluarga untuk bergabung dengan Google Latitude. Setelah mereka bergabung, pengguna dapat melihat foto mereka muncul di atas Google Maps yang dapat diakses melalui perangkat mobile ataupun PC dan laptop.[1] Dari situ seseorang dapat mengetahui di mana teman dan keluarga berada.

Tidak hanya itu saja, setelah seseorang melihat foto mereka muncul, pengguna bisa klik pada foto tersebut dan melakukan chat, mengirim SMS, email bahkan menelpon mereka. Petunjuk jalan pun tersedia di Google Maps jika pengguna ingin menemui temannya tersebut[1].

Jika pengguna ingin menyembunyikan lokasi di mana dia berada, Google Maps memungkinkannya untuk mengatur tampilan lokasi tempat dia berada, sehingga hanya bisa dilihat oleh teman atau keluarga yang dipilih.[1]

Google Latitude telah tersedia untuk 27 negara dan dapat diakses melalui beberapa perangkat mobile, antara lain :[1]

* Perangkat mobile berbasiskan OS Android, seperti T-Mobile G1.
* BlackBerry.
* Perangkat mobile berbasikan OS Windows Mobile 5.0
* Perangkat mobile berbasikan Symbian S60 (Nokia smartphones).
* Pengguna Google.com dengan melalui iGoogle.

Google mengklaim lebih dari 3 juta penguna telah menggunakan layanan Google Latitude. Beberapa waktu lalu, Google telah meluncurkan API Latitude. Kini fitur baru bernama dashboard hadir. Sepertinya Google tengah berkonsentrasi untuk membuat layanan berbasis lokasinya kian menarik.[2]

Cara penggunaannya cukup mudah, Anda harus memiliki Google account terlebih dahulu lalu akses halaman http://www.google.com/latitude/intro.html. Anda juga bisa mengundang teman dan keluarga untuk bergabung dengan Google Latitude. Setelah mereka bergabung, Anda dapat melihat foto mereka muncul di atas Google Maps yang dapat diakses melalui perangkat mobile ataupun PC dan laptop. Dari situ Anda dapat mengetahui di mana teman dan keluarga berada.

Tidak hanya itu saja, setelah Anda melihat foto mereka muncul, Anda bisa klik pada foto tersebut dan melakukan chat, mengirim SMS, email bahkan menelpon mereka. Petunjuk jalan pun tersedia di Google Maps jika Anda ingin menemui teman Anda tersebut.

Bagaimana jika Anda ingin menyembunyikan lokasi tempat Anda berada? Google Maps memungkinkan Anda untuk mengatur tampilan lokasi tempat Anda berada, sehingga hanya bisa dilihat oleh teman atau keluarga yang Anda pilih.
Google Latitude telah tersedia untuk 27 negara dan dapat diakses melalui beberapa perangkat mobile, antara lain :

Perangkat mobile berbasiskan OS Android, seperti T-Mobile G1
BlackBerry.
Perangkat mobile berbasikan OS Windows Mobile 5.0
Perangkat mobile berbasikan Symbian S60 (Nokia smartphones)
Pengguna Google.com dengan melalui iGoogle

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: