Masa depan Hijau dengan Mobil Elektrik


Teknologi yang maju memang membuat pekerjaan manusia menjadi mudah, namun siapa yang menyadari bahwa teknologi yang telah ada menimbulkan banyak masalah. Masalah tersebut diantaranya adalah pemanasan global, polusi udara, pencemaran air, kebisingan, dan berkurangnya sumber daya alam. Di belanda tingkat kebisingan tergolong tinggi sehingga menyebabkan angka kematian yang disebabkan oleh kebisingan cukup tinggi yakni 600 jiwa pertahun. Orang yang terkena dampak dari kebisingan menjadi stress dan kurang tidur yang berlebih sehingga dapat meninggal dunia. Kebisingan ini merupakan dampak dari lalu lintas darat, laut, sungai, dan udara, serta gelombang frekuensi sonar rendah yang melintas di daratan belanda.
noise dutch
Sumber : http://www.digitaljournal.com/article/267835

Perubahan itu pasti, hanya waktunya saja yang berbeda. Apakah kita ingin mengubahnya sekarang dengan sadar atau kita dipaksa mengubah perilaku dan teknologi karena keadaan. Di Belanda sudah ada beberapa orang / kelompok yang secara sadar tanpa paksaan yang mengubah perilaku dan teknologi yang bersahabat dengan lingkungan. Kendaraan yang terbilang baru ini didesain tidak mengeluarkan polusi karena menggunakan penggerak berupa motor listrik sehingga tidak ada gas CO2 yang dibuang. Tenaga yang digunakan untuk menghasilkan listrik juga ramah lingkungan karena sebagian besar menggunakan tenaga angin. Semua sudah direncanakan untuk menjadi bumi yang lebih hijau.


Sumber : http://static.rnw.nl/migratie/www.ranesi.nl/tema/detakbumi/Detakbumimobil20090203-redirected

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa mobil listrik efisien dalam energi tp tidak efisien dalam hal kecepatan dan waktu, tunggu dulu… Mobil dengan tenaga listrik ini apabila membawa baterai dengan keadaan penuh, dapat menempuh jarak hingga 350KM. Kecepatan maksimal yang bisa di hasilkan adalah 80KM/Jam sehingga cukup untuk daerah perkotaan yang tingkat polusinya tinggi. Waktu yang digunakan untuk mengisi ulang baterai hingga penuh adalah 10 jam saja, sehingga bisa dilakukan ketika kita sedang istirahat malam.

Pabrikan mobil terkenal Mitsubishi sekarang melakukan bantuan dengan Belanda dalam program mobil listrik (sumber). Kerjasama dengan Belanda ditandai dengan mengirimkan mobil listrik i-MiEV ke Kedutaan Belanda di Jepang akhir September lalu. Ini pertama kali MMC mengirimkan mobil listriknya ke sebuah kedutaan di Jepang. Ini diharapkan mampu menambah penggunaan mobil elektrik dan mengurangi penggunaan mobil konvensional sehingga dapat mengurangi tingkat polusi di dunia.

Semoga Indonesia juga cepat berubah dalam penggunaan mobil elektrik dan tingkat polusi dapat di kurangi.

Satu Tanggapan

  1. wah kok kita..di indonesia kurang serius menggarap tenaga matahari yah…padahal di katulistiwa lho… tentunya panas dan sinarnya lebih kuat..dari belahan bumi lainnya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: