Tutorial membuat Robot


Lama gk nulis di blog, jadi kangen sama kegiatan yang satu ini…. Semangat nulis, ayo bikin tutor,.. yang baca tetep semangat juga ya^^

Oh iya, sekarang aku pingin sharing aja tutorial membuat robot secara dasar. Langkah2 akan dijelaskan secara umum, disini tidak dibahas membuat robot secara khusus, misal robot ini atau robot itu. Nah menurut pengalaman si yang terpenting adalah perencanaan, jadi kuraslah semua ide cemerlangmu dalam beberapa lembar kertas sehingga idemu tidak hanya di bayangan saja. Yuk kita mulai aja deh [maaf ya kalo tutorialnya gak bermutu lah, gak sesuai teori lah, artikel ini saya buat menggunakan bahasa dan pengalaman saya, jadi kalau yang gak suka bisa langsung klik x pada tab browser anda, dan catatan lagi, disini saya sharing bukan berarti saya pandai atau pintar, disini hanya ingin berbagi pengalaman aja ] :

1. Tentukan robot yang ingin kamu buat.
Banyak robot yang bisa dibuat, misal : Line Follower.

2. Googling lah masalah bentuknya.
Kalau kamu masih awam sama dunia robot (kayak aku ini) sering-seringlah googling, lihat gambar, video, baca artikel2. Disana kamu akan banyak mendapat wawasan.

3. Buatlah desain robotmu pada selembar kertas.
Setelah mengerti tentang bentuknya sekarang saatnya desain bentuknya pada selembar kertas. Tahap pertama sekarang mungkin dalam bentuk corat-coret saja sudah cukup asal bentuknya jelas dan proporsional.

4. Tentukan rangkaian elektronika yang ingin digunakan.
Misal dalam line follower rangkaian elektronika yang digunakan adalah sistem minimum, rangkaian driver motor, dan sensor.
Setelah itu googling lagi dan cari tahu tentang rangkaian tersebut. Misal lagi ni, dalam sistem minimum rata-rata menggunakan chip AVR karena mudah dicari dan mudah pemogramannya, kita menggunakan ATMega16 kemudian kita cari gambar schematic dari sistem minimum ATMega16. Rangkaian driver motor ada beberapa pilihan, bisa menggunakan IC driver seperti L293d atau L298 atau bahkan menyusun H Bridge sendiri menggunakan transistor. Untuk penggunaan sensor pada line follower adalah menggunakan LDR / Photodiode.

5. Desain rangkaian elektronika pada Eagle
Kenapa eagle? Karena kemudahannya… itu sudah cukup menjawab pertanyaan sebelumnya. Desain elektronika sebisa mungkin memiliki luas yang kurang dari body robot, agar rangkaian bisa masuk kedalam body robot.

6. Desain robot secara sistematis
Menggunakan ukuran yang pasti untuk desain robotnya dikerjakan dalam kertas. kalau bisa perbagian robot dgambarkan agar memudahkan pekerjaan

7. Saatnya bekerja
Buatlah rangkaian elektronika terlebih dahulu, kenapa? karena rangkaian elektronika harus di coba terlebih dahulu sehingga membutuhkan waktu dan agar body robot bisa menyesuaikan rangkaian apabila ada perubahan. Setelah semua rangkaian elektronika jadi sekarang saatnya membuat body robot dan kemudian rangkaian elektronika dan mekaniknya dirakit menjadi 1 sehingga robot kita jadi.

8. Langkah terakhir adalah pemograman
Nah langkah yang satu ini perlu banyak latihan so sering-sering latihan aja

Ini ada beberapa website yang membahas tentang teknis pembuatan robot [mungkin bisa membantu]
http://www.societyofrobots.com/
http://hacknmod.com/hack/basic-line-following-robot-tutorial/
http://sqa.fyicenter.com/Rational_Robot_Tutorial/
http://home.att.net/~David.D.Barnett/tutorial.html
http://letsmakerobots.com/node/2164
http://www.acroname.com/brainstem/tutorials/minbot/minbot.html
http://tutorialgratis.net/2008/05/28/tutorial-membuat-robot-cerdas/
http://www.instructables.com/id/Build-Your-Own-Butler-Robot/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: