Saatnya Migrasi [Proprietary –> Open Source]


Mungkin ini hal yang berat dilakukan apabila kita terbiasa menggunakan perangkat lunak proprietary. Berikut adalah tips dan beberapa perangkat lunak (program) yang digunakan sebagai pengganti perangkat lunak propritary yang sering digunakan.

Tips Migrasi :
1. Cobalah komputer (pc / laptop) menggunakan live CD (recomended : Ubuntu). Apabila menggunakan live CD aja udah lancar dan tidak ada trouble maka sudah saat nya siapkan partisi dan install ubuntu di komputermu. Apabila ada masalah, misal pada wirelessnya maka cobalah googling dengan kata kunci nama wirelessnya, hal ini juga berlaku untuk driver yang lain misalnya sound card, vga, atau yang lainnya.
2. Gunakan distro yang banyak digunakan orang sekitar agar dalam pemecahan masalah dapat lebih cepat dan lebih terbantu. Direkomendasikan menggunakan distro yang banyak digunakan orang sekitar, apabila orang sekitar kita tidak ada yang menggunakan sistem operasi linux / open source disarankan menggunakan ubuntu, karena solusi masalahnya lebih banyak dan banyak forum, blog, website, milist, bertebaran di internet yang membahas tentang ubuntu.
3. Siapkan partisi hardisk sekitar 24 Gb untuk menyimpan repository. Repository adalah kumpulan paket program yang telah disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk menginstall program di suatu distro. Sekarang ini banyak distro yang menggunakan sistem repository untuk melakukan instalasi programnya. Untuk ubuntu yang terakhir ini ada 6 DVD yang merupakan DVD repository. Hal ini bisa digantikan oleh koneksi internet, karena banyak situs yang menyediakan repository online seperti http://repo.ugm.ac.id/ubuntu dan lainnya.
4. Carilah info mengenai program yang sering digunakan di windows dan penggantinya di linux. Hal ini akan sangat membantu migrasi, karena biasanya orang susah migrasi mereka masih menggunakan program tertentu yang ada di windows dan mereka tidak tahu program pengganti di linux. Dibagian bawah akan dijelaskan beberapa program pengganti windows yang ada di linux sehingga bisa melakukan migrasi tidak setengah-setengah.

5. Untuk yang ingin membeli komputer (pc / laptop) baru diharapkan membeli hardware yang mendukung linux dan sudah jalan dengan baik di linux. Bagaimana cara kita mengetahuinya? cobalah googling dengan kata kunci yang ingin kita beli semoga dengan membeli perangkat keras yang mendukung linux dan jalan di linux tidak mempersulit kita melakukan migrasi.

Di atas tadi adalah beberapa tips yang mungkin bisa digunakan apabila ingin melakukan migrasi, namun tidak sebatas itu saja, masih banyak tips lain yang bisa membantu kita dalam migrasi ke open source.
Di bawah ini adalah beberapa program pengganti yang ada di linux :
1. Microsoft Office –> Open Office
Perangkat lunak perkantoran banyak digunakan dalam kegiatan adminstrasi. Solusi dari microsoft office yang banyak digunakan dan penggunaanya hampir sama sehingga mempermudah penggunaaanya adalah Open Office.
2. Adobe Photoshop –> GIMP (GNU Image Manipulation Program)
3. Corel Draw –> Inkscape
4. Internet Explorer –> Mozilla Firefox
5. Nero –> CD Burner
6. Windows Media Player –> Mplayer
7. Microsoft Outlook –> Mozilla Thunderbird
dan masih banyak lagi…
silahkan komentar apabila ingin bertanya atau memberi saran.
semoga artikel ini bermanfaat.

nb : artikel ini diikutkan dalam lomba blog open source dan seminar open source P2I-LIPI 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: