TUTORIAL INSTALL PLAYER/STAGE di UBUNTU


Tutorial ini aku tujukan kepada temen” yang mengikuti kuliah sistem cerdas yang dibimbing oleh pak Adha Imam Cahyadi. Semoga tutorial ini bermanfaat.

Yang harus kamu siapkan adalah sebagai berikut :
1. PC / Laptop dengan Ubuntu didalamnya.
Bagi yang belum install ubuntu, bisa dibaca disini. Ingat, tutorial ini hanya berlaku di ubuntu, apabila memakai distro lain tidak bisa dijalankan (apalagi di windows.. wkwkwkwkwk)
2. REPOSITORY Ubuntu
Dapat menggunakan yang ada di http://repo.ugm.ac.id atau memiliki 6 buah ISO DVD yang disetting menjadi repository lokal di hardisk. Tutorial membuat 6 buah ISO DVD REPO menjadi repository lokal bisa dibaca disini. Untuk yang belum punya REPO DVD bisa baca disini
3. Koneksi internet (ini si kalo ada ^^, kalo gk ada jg gpp kok…)
4. Sedikit cemilan
upps.. artikel ini dibuat pas bulan puasa, jadi gak pake cemilan gpp ^^

Dibawah ini akan dijelaskan langkah-langkah instalasi player/stage ke ubuntu. Langkah ini bisa dijalankan apabila repo telah terpasang dengan baik, baik yang menggunakan koneksi internet (ke http://repo.ugm.ac.id/ubuntu/) atau yang menggunakan dvd repo ubuntu.

1. Bukan synaptic program manager, melalui system-administrator-synaptic program manager
2. tuliskan dibagian search robot player dan cari didaftar yang bertuliskan robot-player kemudian beri centang dan klik apply untuk proses instalasi. Hal selanjutnya juga digunakan untuk install stage-nya, tulis dibagian search stage dan cari didaftar yang bertuliskan stage kemudian beri centang dan klik apply untuk proses instalasi.
3. Langkah instalasi selesai, cukup mudah bukan ^^
4. Nah saat selesai diinstal, player/stage belum bisa digunakan karena ada 1 masalah [di pc saya, semoga saja tidak di pc / laptop temen”]. Untuk pemecahannya diberikan di tutorial selanjutnya bersamaan dengan tutorial penggunaanya.

nb : artikel ini diikutkan dalam lomba blog open source dan seminar open source P2I-LIPI 2009.

9 Tanggapan

  1. Mas, mengenai lomba lf dte ugm jadi tdk to??
    Kok sampe sekarang tidak ada beritanya??
    Berhubung temen2Q sdh pada tanya mengenai infonya lebih lanjuT. Mhon konfirmasinya..

    • aduh..
      bikin lomba gak semudah itu..
      lagian ini baru aja masuk kuliah..
      ya ditunggu aja.. kalo ada informasi akan segera dikabarkan, tp apabila tidak ada ya berarti tidak ada kabar..

  2. halo,
    saya Agus Suhanto, tulisan yg bagus🙂
    salam kenal yee

  3. dy saya dah instal player/stage pake repo dari hardisk, tapi ketika saya run di terminal,kalo ga salah waktu itu saya ketikan “robot-player simple.cfg” saya enter, tapi ga bisa tampil, ada yang error, kalo ga salah dia minta rgb.txt
    kemudian saya cari rgb.txt di repo dan ada 2 file dan saya instal pake repo ugm. tapi pas saya run kembali tetep error dan playernya minta rgb.txt lagi?
    solusinya gimana ya dy? mohon pencerahannya! terimakasih

  4. ok. akan saya coba, terimakasih banyak dy telah membantu.

Tinggalkan Balasan

