Program elektronika di Linux (Ubuntu)


Langsung aja deh aku share program” elektronika yang berbasis windows yang bisa digunakan di ubuntu menggunakan WINE.

1. CodeVisionAVR (C Compiler AVR)
Emang si udah ada compiler C buat AVR di Linux yang namanya GCC-AVR, namun karena mungkin masih terbiasa dengan CodeVisionAVR jadi susah untuk berpaling ke GCC-AVR, yang tidak ada Graphic User Inrterfacenya,.. CodeVisionAVR yang jalan (di laptop yang aku coba) adalah versi lama dengan mengguakan WINE versi terbaru. Dari proses menulis program hingga me-compile-nya sukses 100%.


2. Proteus (Electronic Emulator Program)
Siapa yang tidak kenal dengan proteus?? Wah untuk anak elektro kayaknya kalo gak kenal ama ni program berarti dia udah kuper banget… hohoho… nah penggantinya di Linux sampai saat ini belum ada, kalau ada pun masih terbilang kurang baik dan bisa di pastikan kalah dengan proteus. Nah masalahnya proteus hanya berjalan di windows, dan kemarin aku mencobanya di Ubuntu menggunakan WINE dan hasilnya 100% sukses. Proteus yang digunakan adalah versi 6, jangan gunakan yang 7 karena saat aku coba yang versi 7 tidak bisa berjalan.

Mungkin untuk saat ini hanya segini yang bisa aku share kepada temen” semua. apabila ada update terbaru pasti akan aku tulis disini. terima kasih buat temen” yang udah maen ke blog ku.

12 Tanggapan

  1. Mengenai WINE yg terbaru versi brP y?
    MnruT tmenq drg TI ktny yg membuat WINE tdk bs brjln utk aplikasi yg bru krena librarynya yg brbda, jadi mungkin klo ada WINE versi yg lbh bru mgkin bsa.
    Maaf ni tentang Lomba LF DTE lagi, kn rencananya dulu kan tgkt DIY? Skrg stlh d rpatkan ada perubahan tidak? Slam rboholic..

    • wah versi terbarunya brp ya?
      aku gk terlalu nyimak, aku asal update aja ke http://repo.ugm.ac.id
      hmm… gmn ya.. menurut aku si penggunaan WINE sebenarnya (menurut aku) menanggulangi program” yang tidak ada di linux (walau ada tidak sebagus di windows) maka perlu menggunakan WINE sebagai emulator windowsnya.
      kalau ada program pengganti di linux ya mendingan pakai ya asli buat linuxnya ^_^

      untuk lombanya tunggu aja mas… rencananya ada yang baru dalam lomba ini.. so tunggu aja

  2. Mengenai WINE yg terbaru versi brP y?
    MnruT tmenq drg TI ktny yg membuat WINE tdk bs brjln utk aplikasi yg bru krena librarynya yg brbda, jadi mungkin klo ada WINE versi yg lbh bru mgkin bsa.
    Maaf ni tentang Lomba LF DTE lagi, kn rencananya dulu kan tgkt DIY? Skrg stlh d rpatkan ada perubahan tidak? Slam rboholic..
    .

    • wah versi terbarunya brp ya?
      aku gk terlalu nyimak, aku asal update aja ke http://repo.ugm.ac.id
      hmm… gmn ya.. menurut aku si penggunaan WINE sebenarnya (menurut aku) menanggulangi program” yang tidak ada di linux (walau ada tidak sebagus di windows) maka perlu menggunakan WINE sebagai emulator windowsnya.
      kalau ada program pengganti di linux ya mendingan pakai ya asli buat linuxnya ^_^

      untuk lombanya tunggu aja mas… rencananya ada yang baru dalam lomba ini.. so tunggu aja… ^_^

  3. klo gak pingin pake wine, misalnya teep ja pake kompiler GCC-AVR sedangkan editor (penyuntingya) pake IDE sperti Code::Blocks http:www.codeblocks.org (nati malah bisa multiplatform)

    • yo iso nek ngono kui..

      tp kan kebiasaane nganggo codevisionavr, nek nganggo gcc-avr rodo mumet mas ngompile…. ha nek editore, nganggo sak sake wae iso… koe dong ra??

  4. thanks gan for info

  5. Mas kalau pakai CVAVR di linux bisa langsung di download ke mikro ga?

  6. Apakah Proteus itu gratis? Apa lisensinya?

  7. mas itu untuk downloadernya pake apa mas..

Tinggalkan Balasan

