REPO DVD UBUNTU – FREE


Akhir” ini di kampusku baru heboh ni pada maenan Linux, mungkin sedikit banyaknya jg pengaruh dari aku X ya (hahaha… :D). Dulu dengan memberikan Live CD Ubuntu yang aku dapat dari SHIPIT ke teman”, akhirnya mulai banyak yang sekarang udah bermain dengan ubuntu. Sekarang sudah tidak usah takut virus, error, dsb. Namun masih ada kendala yang berarti apabila ingin benar” melakukan migrasi dari Windows ke Linux, khususnya ubuntu yaitu masalah koneksi interne yang kurang.

Koneksi Internet dalam ubuntu diharuskan apabila ingin melakukan apa”, baik install, mencari driver, dll. Nah maka dari itu canonical menyediakan yang namanya Ubuntu DVD REPO. Dengan itu kita tidak usah capek” menunggu loading koneksi internet untuk melakukan instalasi program. Namun ada masalah lagi, apabila ingin mendownload REPO tersebut kayaknya terbilang mustahil, karena total REPOSITORY DVD adalah kurang lebih 24Gb yang terdiri dari 6 DVD ( 1 DVD = 4Gb ).

Masalah tersebut akhirnya teratasi dengan UGM yang memberikan layanan REPO dengan koneksi yang menajubkan, yaitu hingga 4MBps apabila kita menggunakan layanan hot spot di sekitar UGM dengan mengakses repo.ugm.ac.id. Akhirnya saya memutuskan bermain ke PPTIK (di kampus si bisa, tp disana di batasi cuman 32KBps untuk layanan downloadnya, wah adminnya pelidddd) dan mencoba mendownload 1 buah ISO file DVD REPO. Akhirnya tidak usah menunggu lama, cukup kurang lebih 20 menit 1 buah file ISO DVD REPO dengan besar file 4 Gb telah selesai di unduh. Wah ini si namanya copy file dari hardisk ke hardisk, ungkapku. Aku unduh semua file ISO DVD REPO, karena aku menggunakan komputer di PPTIK sehingga filenya ada disana. Aku berniat kembali besok untuk menyalinnya ke hardisk portabelku.

Sekarang sudah ada 6 buah file ISO DVD REPO dalam hardisku, wah senangnya… Install program serasa dari hardisk sendiri (emang dari hardisk sendiri… hahaha)…

Ayo teman” yang mau migrasi dan kesusahan bisa hubungi aku. Mungkin aku bisa membantu walaupun tidak banyak. Bagi temen” yang butuh repo bisa minta di aku. Add aja FB aku dengan cara klik gambar di samping kanan.

Hidup Dunia Open Source ^_^

2 Tanggapan

  1. […] ISO DVD REPO menjadi repository lokal bisa dibaca disini. Untuk yang belum punya REPO DVD bisa baca disini 3. Koneksi internet (ini si kalo ada ^^, kalo gk ada jg gpp kok…) 4. Sedikit cemilan upps.. […]

  2. It was the awe-inspiring Proust who stated that the real voyage
    of discovery consists not in locating new landscapes, more about having new eyes.

    Thanks for giving me a new vision.

Tinggalkan Balasan

