Alnect Computer – USB Wi-Fi Adapter TP-Link TL-WN422G + External Antenna


Konekstivitas merupakan hal wajib pada zaman sekarang ini, di mall, di kampus, di hotel, bahkan di food court sudah ada wifi. Sedikit tentang wifi, wifi adalah kependekan dari Wireless Fidelity.

Emang si sekarang laptop sudah pasti di lengkapi dengan wifi yang di blunding dalam laptop. Tapi biasanya kualitas sinyal yang di berikan kurang baik, untuk menyelesaikan masalah ini kita bisa menggunakan wifi external dengan slot USB yang mudah dan simple.

Berikut adalah spesifikasi dari USB wifi yang aku review :

PC Connectivity : High Speed USB 2.0
Wifi Signal Capability : Standards IEEE 802.11g, IEEE 802.11b
Work Mode : Ad-Hoc, Infrastructure Mode and Soft AP
Frequency Range : 2.4 ~ 2.4835GHz
Wireless Security : 64/128/256 bit WEP, WPA/WPA2, WPA-PSK/WPA2-PSK (TKIP/AES)
Antenna Type : External Omni-directional Antenna (4 dBi) – Detachable Antenna Support
Wireless Transmit Power : 20 dBm (MAX) (EIRP-total effective radiated power is 20 dBm(100mW))
Receiver Sensitivity : 54M(-68dBm@10% PER) 11M(-85dBm@8% PER) 6M(-88dBm@10% PER) 1M(-90dBm@8% PER) 256K(-105dBm@8% PER)
Operating Temperature : 0°C ~ 40°C (32℉ ~ 104℉)
Operating Humidity : 10% ~ 90% RH non condensation
Storage Temperature : -40°C ~ 70°C (-40℉ ~ 158℉)
Storage Humidity : 5% ~ 90% RH non condensation
Relative Range : Outdoor (400 meter) Indoor (150 meter) Depend Environment Around
Support Operating System : Windows 98SE/ME/2000/XP/Vista and Linux
Other Features : Supports PSP connection, brings you joyful Online-gaming experience
Dimension (WHD) : (93.5 x 26 x 11) mm
Weight : 24 gram
Standard Warranty : 300 Hari
Others : With UBEC main core chipset for advanced better performance

Pengalaman yang saya dapat menggunkan wifi external USB ini adalah untuk sinyal wifi yang mungkin susah di tangkap oleh wifi laptop dengan wifi external USB TP-Link ini bisa ditangkap dengan baik. Wifi ini juga sudah bisa untuk wifi yang ada WEP/WPA-nya karena wifi ini mendukung enkripsi.

Driver dan program scan wifinya sudah ada dalam CD, selain di CD di internet banyak sekali yang sharing. Kamu bisa download di : http://www.tp-link.com/english/soft/2009319153528.zip.

Dengan wifi ini kita juga bisa membuat hot spot (access point) sendiri dengan harga yang murah. Sangat cocok untuk membuat hotspot skala kecil dikantor, rumah maupun kafe Anda. Radius yang bisa dilayani hot spot ini adalah sekitar 100-250 meter (tidak terhalangi sesuatu). Wifi USB ini menggunakan chipset Zydas yang sudah diakui kehandalannya.
Antena default bisa dilepas (detachable) dan dikawinkan dengan antena yagi, grid atau bahkan antena omni dengan menggunakan kabel penghubung (pigtail RPSMA) untuk menambah jangkauan sinyal.

So untuk yang pingin belajar buat hot spot tapi kurang biaya untuk beli access point, wifi usb ini adalah jawabannya.
untuk pemesanan bisa melalui link dibawah.

Link Product : http://alnect.net/products.php?/4/20/28/375/Networking/Wi-Fi_Connection/Wi-Fi%20Adapter/USB_Wi-Fi_Adapter_TP-Link_TL-WN422G_+_External_Antenna

51 Tanggapan

  1. Aku justru punya pengalaman sebaliknya. Aku pake toshiba M300, justru daya tangkap sinyalnya lebih bagus dan sensitive di banding wn422g ini. Jadi,sejak aku beli 1 bulan lalu belum pernah aku pake lagi. Sedang aku buatin perangkat wajan bolic untuk wn422g,maksudku sayang udah dibeli tapi ga ku pake2.Term ksh.

    • pengalaman aku si bagusan yang external..
      kurang tahu jg kalo laptop Q yang jelek ya😀
      untuk wajan bolic mantep tuh… temenQ dah pernah nyoba n keren hasilnya.. cukup jauh

  2. bagus reviewnya, lihat juga link ini

  3. keren nih, reviewnya.. coba dong liat reviewku juga, saling support ya.. moga2 menang ya brur.. (aku review TPlink WA601g) sapa tau bisa sekalian bagi ilmu

  4. mas, chipset yg dipake itu zydaz type apa..?
    makasi..

  5. mas, ada panduan instalasi untuk linux ga..?
    saya coba di slackware tapi tidak berhasil..
    kurang tau jg apakah masalh driver atau apa…
    mohon bantuannya…
    makasi…

  6. boleh juga mas…
    mohon bimbingannya…
    saya sudah coba jg seh di ubuntu, tp ga mau jg…
    pake ndiswrapper sebenernya bisa, sayangnya gak support AP mode..
    padahal saya ingin bikin akses point..
    makasi sebelumnya..

    • aduh mas..

      saya jg masi tarap belajar… saya si belajar cuman ma om google.. mungkin mas nya bisa ngikutin cara saya.. coba cari di google dulu, add ym orang” yang sama” pemakai ubuntu… tanyain ma orangnya…
      semoga sukses

  7. kemaren saya baru pasang AP & antena grid,tapi setelah di coba radiusnya cm 10 meter!ada alat laen untuk saya & clientnya ga?

  8. seting ulang gimana?sudah muter – muter serasa jalan 1000km neh.. masih ga tau caranya!bantu donk please..

  9. ada yg bisa bantu saya setting tp link wn422g plus drivernya ?

    • download drivernya di situs resminya..
      abis itu install aja drivernya trus tancepin tu wifi usb nya.. kemudian scan signalnya dan konekin aja.. gampang kan mas ^^

  10. Mas saya sudah ada USB Wi-Fi Adapter TP-Link TL-WN422G + External Antenna trus saya pasang di atas rumah, pake kabel extender 13 m, hasil tidak memuaskan….
    setela baca2 artikel di macem2 forum kayak nya saya salah ya.
    Kudunya USB nya tetep aja nancep di CPU trus antena nya yg di panjangin kabel nya, betul ga?
    trus pake kabel perpanjangan buat antenanya pake apa? kira2 habis berapa? soal nya jarak free hotspot indor ke rumah ku cuman kurang dari 500 m gak isa nangkep terhalang pohon rindang…solusinya gimana mas…

    matur suwun ya..kamsia

    • wah maaf mas…
      aku si nyoba punya temen.. dan hasilnya lumayan si walaupun emang sinyalnya gk bagus banget…

      kalau untuk antennanya saya kurang tau mas…

  11. tl-wn422g ver V1.0 aj ayng bisa untyuk AP yang versi V 2.0 tidak bisa untuk AP (spec dari sononya) ada yg bisa bantu ngoprek v.20 nya agar bisa jadi AP (access point) trims….

  12. backtrack4 pre final…solusi bwt WN442G/ 1211B/ WL54
    Aircrack mode ON maknyuss bwt WEP… : )
    kl d UBUNTU 9.04 hrs d patch dolo…

  13. Test di Ubuntu 9.04 setelah driver dipatch TL-WN422G ini jadi support injection… pd hal secara default jika dipake di windows ga support injection lho… mantaf utk aircrack di linux…

  14. Q da beli usb Wifi TL-WN422G, apa benar usb wifi ini bisa dibuat AP. klo bsa gmna ya cara konfigurasinya agar bisa dibuat AP. coz q mo padukan AP Engenius Q untuk reciver dan TP-LINK q mo Q buat sebagai pemancar. mohon pencerahanya, terimakasih banyak.

    • tinggal diganti mode di programnya mas..
      ke AP, masukkin ip addressnya, subnet, sama nama APnya, udah deh coba search pake wireless laen, terdeteksi gk?

  15. Mas, saya mau tanya tentang Produk TL-WN442G yang di jual di alnect itu versi berapa? V1 atau V2? Rencananya saya mau beli, tapi yang V1 (chip zydas). Karena untuk V2 (atheros) ga bisa injection. Bulan lalu saya beli TL-WN321G di alnect juga, support injection pake aircrack karena pakai chip RT73. Tapi kualitas penangkapannya kurang bagus.

  16. mas tl-wn321 kok ngak bisa nangkap sinyl yaa. dah kasih antane luar (wajan kabel) 8 mtr parahnya lagi kadang device gak ke detec,solusinya gimana yaa…thx

    • coba install ulang drivernya mas….
      pas install jgn pasang wifi nya…
      restart, trus coba lagi..

      kalau masih suka kayak gitu, coba uninstall driver yang lama.. sampai bersih, restart, baru install lagi seperti diatas..

      pengalaman ane make ini lancar2 aja kok ^^

  17. saya ini baru pemula untuk kenal dunia hotspot..
    untuk belajar bagi pemula, tau g situs yang bagus.
    trima kasih..

  18. laptop sebelumnya dah dpt sinyal tp msh fair…trus ak pasang tl-wn321g+wajanbolic dr alnect jg…tp ko tetep sm aj ya g bs konek ke internet…ap ada seting khusus progam di laptop?
    ma kasih….tolong bales ke email ya mas…

    • wah kalau ini kurang tau.. banyak yang harus diperhatikan :
      1. Sinyal yang ditangkap
      2. Program yang ada di pc/laptop

      Selama ini ane gunakan wifi itu baik di laptop maupun pc bagus kok..

  19. Saya gunakan USB Wi-Fi Adapter TP-Link TL-WN422G + External Antenna,dipasang di laptop merk acer model lama yg memang tidak ada wifinya.Drivernya sudah terinstall dgn benar sesuai dgn buku petunjukknya.Dicoba di hotspot area wifinya juga sudah terdeteksi sesuai dgn buku petunjuknya.Tapi bgtu buka internet explorr sama sekali tidak trkoneksi,dicoba d hotspot area yg lain juga sma saja. Mohon solusinya…Trima kasih…

  20. untuk mas dede…ungkin proxsy brower nya belum disetting,,coba disetting terlebih dahulu…. trims

  21. Mo tanya ma Agan” smua…Bisa gk Usb Wifi TL-WN321G yg sy akan pasang di CPU nantinya bisa internetan trus sharing wat Lap top dan Cpu lainnya yg pake Wifi PCI.adapter. ( indoor aja,syukur” outdoor hehehe ).. Klo bisa tolong dong Gan cara settingnya gmn. Sy Pake ISP Fastnet/First media nih… makasih sblmnya.

    • bisa…maksudnya jadi akses point kan?
      tp ya itu gak bisa jauh2…
      di set aja di pilihannya jadi akses point

    • Gimana cara setingnya di windows xp / wind 7 dengan jelas supaya bs jd ap mas,… saya msh bgg dg maksud saudara bilang bisa tinggal di rubah di modenya,… emang modenya posisinya diman?….
      apakah maksude di ap lain atau gimana?…..
      thanks be4….

  22. mas, saya kn punya TL-WN422G,, tp CD drivernya ilang.,,.
    trus nginstalnya gimana ya??

  23. emang usb wireless tp link tl wn321g bisa dijadikan AP?wah mau donk pencerahanya.. Antara chipset zidas,atheros n ralink yg TERBAIk yg mana ya? Dus tp link tl wn 321g koq beda2?aku beli dus nya warna merah..tp tmenku beli dusnya warna hijau..emang bedanya apa?selain warna dus yg beda..

  24. mas saya baru beli tl-wn422+external.antena, terus saya bikin wajan bolic, tapi yang saya taruh diluar(wajan bolic) antena externalnya pake kabel RG-58. tp kok nangkep sinyal cuma 2 strip, padahal jarak hotspot kira2 300m. kalo saya mau gant antena, ada gak antena external yang support utk pengganti antena bawaan wn422g..? kira2 harga berapa..? trims.

  25. mas mau tanya TL WN422G v1.0 bisa dipake untuk windows 7 ga ya….?

  26. mas klau tl-wn422 itu pake mode apa ia?
    hohon bantuan.a

  27. mas saya kemaren dah nyoba pake tplink wn322+wajan bolic.sinyal bagus trus aku ganti pakai wn422 wifi aku kasih dekat wajan antena aku kasih di pralon di titik fokusnya dan dah aku arahin kebawah 35 derajat tapi kok cuma dpt sinyal 2 ya?ada solusi mungkin?thx

  28. mas, kasi tutorial cr membangun hotspotnya donk..

  29. Hey great blog! Does running a blog like this take a large amount of work?
    I have virtually no expertise in computer programming but I had been
    hoping to start my own blog in the near future. Anyway, if you have any recommendations or techniques
    for new blog owners please share. I know this is off subject but I just wanted to ask.

    Kudos!

Tinggalkan Balasan

