Alnect Computer – Review Advan VanBook NO1GA2


Laptop n laptop.. itu lah yang sering terdengar di telinga kita, sekarang sudah bukan jamannya pc lagi walaupun emang kinerja pc lebih hebat dari pada laptop dengan budget yang sama. Namun karena portablenya laptoplah yang menjadikannya primadona sekarang ini. Tapi ternyata laptop dengan ukuran 13″ termasuk berat, terutama untuk pelajar SMP dan SMA. Mungkin dengan alasan tersebut dibuat VanBook. VanBook adalah laptop dengan ukuran mini (layar 10″) dengan diotaki oleh Intel Atom 1.6Ghz.

VanBook dengan seri NO1GA2 ini merupakan keluaran dari Advan. Berikut adalah spesifikasi dari ‘mini laptop’ tersebut :

– Processor : Intel Atom N270 (1,6GHz, 512KB cache, FSB 533MHz) (2CPUs)
– Ram : 1GB, DDR2 667MHz
– Chipset : Intel 945GME
– VGA : Intel GMA 945
– SoundCard : Realtek ALC662
– Hardisk : 160GB SATA
– Optical Drive : Tidak ada
– Other : WiFi, LAN, card reader (4-in-1), USB (3 buah), Webcam 1,3MP, VGA-out
– Layar : 10,2 inci, resolusi 1024×600 pixel
– Baterai : 4400mAh
– Dimensi : 25,8×18,9×2,8 cm
– Bobot : 1,27kg

Berikut adalah pengamatan menggunakan CPU-Z pada VanBook menggunakan sistem operasi windows.
1-267x300

VanBook ini sebenarnya bukan kepunyaanku tp kepunyaan kakak angkatan yang sering di tinggal di kampus, jadi aku sering make dan tahu sedikit tentang gadget yang satu ini.
Menurut aku untuk ‘mini laptop’ seperti ini enak dibuat mobile, misal baru travelling dan butuh online dimana aja, nah gadget ini enak banget. Udah ringan, kalo cuman untuk browsing, email, chatting, cukup cepat dan oke lah. Selain untuk mobile ‘mini laptop’ seperti ini bagus untuk presentasi, tinggal tancap proyektor jadi deh.

Sedikit kekurangan ‘mini laptop’ ini adalah karena ukurannya yang kecil kadang ada beberapa program yang tidak mau bekerja pada resolusi ini. Ada beberapa program yang tombol OK-nya di bagian bawah yang tidak tertampil. Namun hal ini dapat teratasi dengan menekan tombol tab dan menyesuaikan dengan posisinya.

Port USB yang disediakan VanBook hampir sama dengan laptop pada umumnya, yaitu 3 buah Port USB. 1 di bagian kanan dan 2 di bagian kiri. Selain Port USB ada beberapa Port yaitu Sound, Mic, VGA-Out, Card-Reader.

Kamera yang diincludekan VanBook adalah kamera 1.3 MegaPixel yang bercokol di atas layar LCD berukuran 10″ tersebut. Saya rasa 1.3 MP cukup bahkan sudah bagus untuk ukuran laptop.

Namun ada masalah yang cukup serius, yaitu masalah instalasi awal atau instalasi sistem operasi. Karena VanBook tidak dibekali oleh Optical Drive berarti mau tidak mau kita harus mencari jalan lain untuk melakukan proses instalasi sistem operasi. Ada 2 jalan mudah yang bisa dilakukan, berikut rinciannya :

1. Membeli Optical Drive (DVD ROM) + Sata to USB
Uang yang harus disiapkan untuk mendapatkan ini semua kurang lebih 375 ribu. Untuk proses instalasi sistem operasi sama dengan proses instalasi pada PC yang menggunakan CD / DVD.
2. Melakukan instalasi sistem operasi menggunakan USB Flash Disk
Cara ini adalah cara yang murah meriah, cepat, dan efektif. Karena VanBook sudah dilengkapi booting via USB Flash Disk berarti kita bisa mengakalinya instal sistem operasi melalui flash disk.
Untuk caranya maaf tidak dijabarkan disini, mungkin akan di bahas pada artikel selanjutnya.
Untuk referensi bisa baca artikel berikut :
http://forumbebas.com/printthread.php?tid=38939
http://borokovic.blogspot.com/2009/01/install-windows-xp-via-usb.html

Waktu pertama kali sistem operasi yang digunakan adalah Windows XP, semuanya lancar gak ada masalah, driver semua oke. Buat nonton film oke, buat denger lagu sip, buat ngetik agak susah sih karena keyboardnya yang berukuran agak kecil. Namun hal ini gampang diatasi dengan cara beli keyboard external (buat PC) dengan port USB dan tancepin aja.😀

Setelah windows 7 keluar, VanBook milik kakak angkatanku ini langsung di install windows 7 dan hasilnya tidak mengecewakan. Semua driver langsung bisa namun ada 1 yang belum ketemu solusinya yaitu masalah kameranya. Sampai sekarang kameranya belum berfungsi dengan baik dan masih di cari masalahnya.

So akhir kata aku memberi nilai :
– Mobile = 9
– Kinerja = 7
– Game = 6
– Daya tahan baterai = 9

Rate 8.5

link product : http://www.alnect.net/products.php?/1/3/143/264/Computer/Notebook/ADVAN/Netbook_Advan_Vanbook_A1N70T_+_BONUS!!

21 Tanggapan

  1. tx for info….
    kontes yg sama
    KONTES BLOG klik di sini

    by the way gud luck ya….:)

  2. bagus reviewnya, lihat juga link ini

  3. kontes yang sama pula . . .
    yaitu . . .
    Alnect Blog Contest dari Alnect Komputer

  4. josss

  5. thx infonya sob..

    mau acc premium rapidshare gratis…
    di sini tempatnya

    http://www.copie-pastie.blogspot.com

  6. Reviews our gadget to, we have much of new gadget information

  7. Selamat dah menang di kontes review produk alnect:)
    Salam kenal:)
    MERDEKA!!!

  8. Saya juga pake ADVAN VANBOOK A1N70T, untuk kinerjanya lebih dari lumayan, bahkan digunakan untuk desain grafik juga masih lumayan loh (tapi memang pakenya Adobe Photoshop 7 & Corel Graphic Suite 11), kalau game paling yang ga minta resolusi VGA nya diatas 1024 x 600 px masih jalan & jarang putus2. Kalau kamera memang agak ribet tapi bisa diakalin dengan pemasangan S/W lain, coba deh pake Acer Crystal Eye webcam dari ACER bisa jalan kok, apalagi untuk chat webcam lancar banget, pokoknya ADVAN VANBOOK A1N70T –> T O P B A N G E T DEH😉

  9. ane punya masalah gan…. setelah ane instal seven soundnya problem.. nyari-nyari susah… mohon masukannya…

  10. Wah… Mantap deh bro infonya… Thanks ya… Jd lebih yakin bt beli advan vanbook..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: