Ubah MAC Address


Di dalam suatu jaringan dikenal 2 alamat yang digunakan sebagai pengenal. Kedua alamat tersebut adalah alamat jaringan (IP address) dan alamat fisik (MAC Address). Yang akan dibahas disini adalah mengenai MAC address dan beberapa trik dalam MAC Address.

Dalam situs total.or.id dijelaskan bahwa MAC address adalah Pengalamatan perangkat keras dari sebuah device dalam jaringan skala medium, dan telah distandarkan, untuk pengertian lain dari MAC address adalah MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan.

program yang digunakan pada tutorial ini adalah Technitium MAC. Program ini buatan orang India, dan program ini termasuk dalam kategori freeware yang bisa digunakan secara bebas. Download program klik disini.

Untuk mengganti mac addres pilih dulu device yang akan diganti, kemudian klik change MAC dan isikan mac yang akan diganti. Untuk memilih secara random disediakan pilihan, dan apabila ingin diganti sesuai dengan merknya juga disediakan beberapa mac yang tinggal di pilih. Setelah diganti kemudian klik ok maka device tersebut akan restar koneksi. Untuk mengecek apakah sudah ganti cukup masuk kedalam command dan ketikkan perintah ipconfig /all maka akan muncul beberapa informasi tentang jaringan. Setelah di cocokan dan benar telah berubah maka proses sudah sukses.

4 Tanggapan

  1. thanks,atas tutorialnya mas .wallu postingx sudah lama tapi bru sekarang yang saya ketahui teknik yang merubah MAC address.memberi semagat saya sebagai newbe tuk trus belajar………………….

  2. darimana angka-angka mac address itu muncul???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: