Maksimalkan Fungsi Hp Symbian


Udah bukan hal yang aneh lagi kalo kita bilang Symbian 60 sebagai sistem operasi yang paling banyak dipake di hape. Soalnya seri 60 ini dinilai lebih ramah, lebih enak dipake dan yang paling penting banyak aplikasi yang kompatibel dengan OS ini. Kalo kamu termasuk pengguna hape Symbian 60, kita punya sekumpulan bocoran seputar tips dan trik yang bisa kamu pakai. Mudah-mudahan aja tips yang kita kasih bakal berguna dan bisa bikin hape Symbian 60 kamu lebih nge-joss dan lebih bermanfaat lagi.

Software
Bebas Install Aplikasi
Secara default, beberapa hape Symbian 60 terbaru dijual dalam keadaan terkunci untuk aplikasi. Maksudnya, hape-hape ini hanya bisa diinstall aplikasi yang berasal dari developer besar dan punya proses signing. Maksudnya adalah supaya penginstallan aplikasi bisa lebih aman dari software jahat yang nggak jelas dan biasanya bervirus. Kalau kamu punya aplikasi lainnya yang ‘unsigned’ dan mau di-install karena yakin kalo aplikasi tersebut nggak berbahaya, buka aja kunciannya.
Caranya, pilih Tools > Manager > Options > Setting dan klik ON di pilihan “Software installation”. Sekalian juga klik OFF di pilihan “Online certif.check”. Sekarang hape kamu udah bisa di-install aplikasi yang ‘unsigned’. Hati-hati ya, jangan sampe kena virus!

Install File Manager
Install file manager tambahan di hape kamu. File manager penting banget lho buat bantu kamu ngatur file-file apa aja yang ada di hape kamu. Kalau kamu pake PC, fungsi file manager hape kurang lebih sama dengan Windows Explorer-nya MS Windows. Buat pilihan file manager-nya kamu bisa pilih SeleQ, FExplorer atau HandyFile.

Aplikasi dan Game
Banyak aplikasi dan game yang bagus-bagus yang sebenarnya berguna banget buat kerja atau iseng-iseng sebagai hiburan. Kamu bisa download dari internet, install sendiri dengan beli CD kumpulan aplikasi dan game atau beli aplikasi dan game secara satuan di outlet yang ngejual.

Update PC Suite
Pastiin kalo PC Suite kamu adalah versi terbaru. Emang sih kita bakal dapat CD PC Suite di tiap pembelian, tapi yang namanya software pasti banyak kekurangannya. Nokia secara berkala ngasih update PC Suite yang lebih baru dengan lebih sedikit bugs dan kadang-kadang ada fitur tambahan. Cek terus situs Nokia untuk download PC Suite terbaru.

Multimedia
Lebih banyak musik
Dengan kartu memori yang sama, kamu bisa bikin koleksi lagu kamu bertambah. Caranya convert format file musik kamu dari MP3 ke Ogg Vorbis yang ukurannya lebih kecil tapi kualitasnya setara.

Kamera digital
Kamera digital di hape Symbian udah dilengkapi sama kemampuan digital zoom. Tapi, walaupun gambar bakal kelihatan lebih besar di layar kalau kita gedein pake zoom, hasilnya setelah dilihat di PC bakal lebih kecil daripada yang tanpa zoom. Lebih baik foto biasa tanpa zoom dan di crop di PC karena resolusi akhirnya bakal lebih bagus. Kenali juga shortcut buat penggunaan kamera. Jika foto udah dijepret, tekan 1 untuk zoom in 25%, tekan 0 buat zoom out dan tekan 0 agak lama kalau mau balikin ke tampilan asli. Foto bisa diputer berlawanan dengan jarum jam dengan mencet 2 atau 9 untuk muter searah jarum jam. Untuk mode full screen, tekan *.
Kalau kamu suka nonton video di hape kamu, pastiin pakai format codec H.263, bukan MPEG-4. Kalau mau convert, pakai aja software Nokia Multimedia Converter 2.0. Oh ya, kamu juga bisa nonton video secara full screen di hape ini lho, caranya setelah video kamu putar tekan ‘Pause’, lalu ‘Options’ dan ‘Continue full-screen’. Keren kan. Buat yang lebih milih nonton video dengan ngambil dari DVD, pakai aja software DVD-to-Mobile.

Pengaturan dan Shortcut
Multitasking
Hape Symbian seri 60 punya kemampuan multitasking yang bisa ngejalanin beberapa aplikasi sekaligus. Kalo kamu lagi main game terus mau ngecek SMS yang masuk, jangan keluar dari game dengan mencet Exit, cukup pencet aja tombol menu dan cek SMS atau jalanin program lainnya. Kalo udah selesai dan mau balik lagi ke game, cukup tekan tombol menu agak lama dan pilih game. Tapi hati-hati, ngebiarin beberapa program seperti game atau musik terus jalan tanpa mencet tombol exit bisa bikin batere cepat habis

Atur brightness
Brightness atau terang gelapnya layar bisa ngaruh banget sama tampilan di hape lho. Pastiin kamu udah ngatur brightness di hape kamu sesuai dengan yang kamu mau. Kalau brightness diatur lebih terang dari default-nya, layar bakal lebih jelas tapi sedikit menguras batere. Cara ngaturnya, pilih Tools > Settings > Phone > Display > Brightness, dan atur sesuka kamu.

Copy dan Paste
Buat yang males ngetik kata yang sama berulang-ulang, kita bisa copy dan paste teks di Symbian seri 60. Caranya gampang, tekan tombol edit (ikon pensil) agak lama dan sorot teks yang mau di copy dengan tombol scroll. Tekan tombol softkey kiri buat meng-copy teks. Kita juga bisa menempel hasil kopian (paste) dengan cara yang sama. Tekan tombol pensil agak lama dan tekan Paste. Dengan cara ini, kita bisa gampang copy paste teks dan nggak usah capek ngetik teks yang sama berulang-ulang.

Ganti mode dalam SMS
Dalam menu pesan, waktu kita ngetik SMS, tekan # buat pindah-pindah ke mode huruf besar, huruf kecil dan T9. Kalo tekan # agak lama, bakal pindah ke mode angka atau balik ke mode huruf

Speed launching
Kamu bisa masuk ke aplikasi tertentu dengan cuma mencet shortcut dari keypad. Atur layar menu hape kamu dengan mode grid (susunan menu 3 x 3 ikon), caranya tekan Options dan pilih grid view. Nah, di mode grid ini kita bisa akses folder atau aplikasi dengan mencet keypad sesuai susunan ikon tersebut di layar. Contohnya, tekan 1 kalau mau akses ikon kiri atas, 6 untuk kanan tengah atau 8 untuk tengah bawah.

Alokasi Aplikasi
Kalo kamu punya beberapa aplikasi favorit yang lebih sering dipake daripada yang lainnya, kumpulin aplikasi ini di menu utama. Buat ngumpulin aplikasi yang tersebar ini di satu bagian, pindahin aja aplikasi favorit tadi dari foldernya. Caranya, sorot aplikasi tersebut dan pilih ‘Move’. Kita juga bisa ngumpulin beberapa aplikasi sejenis dalam satu tipe folder. Setelah bikin folder baru dan dinamain, sorot aplikasi yang mau dipindahin dan pilih ‘Move to Folder’.

Cara cepat telpon
Selain pake speed dial, kita juga bisa nyari nomor telpon dengan cepat. Kelebihannya dibanding speed dial, kita nggak usah masukin nomor telpon yang mana yang dapat langsung diakses lewat tombol tertentu dan jumlahnya nggak terbatas 8 nomor aja tapi semua kontak bisa diakses cepat. Kekurangannya, kita harus hapal nomor telpon yang kita tuju itu disimpan diurutan keberapa di memori kartu SIM kita. Caranya: Ketika hape dalam mode standby, tekan 62# bakal nampilin nomor kontak urutan ke 62 dalam memori kartu SIM kita.

Fast Contacts
Dalam menu standby, tekan bagian tengah scrollkey buat akses langsung ke Contacts.

Voice Dialling
Dalam menu standby, pencet softkey kanan agak lama buat masuk ke voice dialling. Buat masukin voice tag ke nomor telpon, buka contact dan pilih nomor telpon yang dituju. Pilih Options dan Add voice tag
Modding dan aksesoris

Batere Nokia 6600
Batere BL-5C di Nokia 6600 bisa diganti dengan BL-6C yang kapasitas dan daya tahannya lebih gede. Batere BL-6C ini biasa dipake di hape N-Gage QD. Caranya dengan ngilangin busa di penutup hape Nokia 6600 dan sedikit mengikir bagian atas batere. Pemilihan Nokia 6600 untuk modding ini adalah karena bodinya lebih gendut dan banyak ruang yang tersisa untuk tempat batere BL-6C yang lebih tebal dari BL-5C. Kalo misalnya ada hape lain yang kira-kira muat dengan BL-6C, bisa juga tuh dicoba. Tips ini juga udah dimuat di Majalah HP edisi No. 28.

Speaker Belakang N-Gage
Di hape edisi kemarin (No. 30) kita udah ngasih tahu tips bikin speaker di belakang N-Gage classic kamu. Dengan ngebor penyekat speaker di body belakang N-Gage, kamu bisa nelpon pake N-Gage tanpa miringin hape lagi. Tips modding ini berguna banget buat yang udah bete nelpon dengan gaya miring. Biar lebih jelas, buka lagi deh Majalah HP edisi No.30.

Keyboard bluetooth
Beberapa Symbian seri 60 udah dilengkapi aplikasi perkantoran seperti Word, Excel dan Powerpoint. Nah, buat yang sering make fitur bisnis kayak gini, manjain diri kamu dengan beli keyboard bluetooth. Dengan aksesoris tambahan ini, kamu bisa mengetik lebih cepat daripada pake keypad. Udah banyak kok keyboard kayak gini yang dijual dengan berbagai merk dan harga.

6 Tanggapan

  1. ow,,, begitcyuh ya mazzzz,,,,,
    klo akyuh pke n3660,
    bisa gak tuh dikasih ulasannya,,,,

    syukron katsiron…..🙂

  2. wah gk punya hp 3660 mas…
    itu hmpir sama dgn n6600 kan?
    ya bsok deh mas klo ada waktu aku buat reviewnya

  3. hallo mas,, mana ulasan tentang hp 3660 nya nich,,,
    oea,, low 7610 gimana tuh,, kelebihan ama kekurangannya? tolong diulas juga ya mas,, aku tunggu loh,,🙂
    syukron,,,
    lam’s kenal Kiki Nuravip
    Cisalak Subang

  4. Update pc suite?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: