Fitur Baru Ubuntu 8.10


Yang Baru di Intrepid Ibex

Rilis kali ini menjanjikan cukup banyak perubahan dan fitur-fitur baru yang lumayan menawan. Secara umum semua aplikasi telah dinaiktingkatkan ke versi stabil paling baru, sayang sekali OpenOffice.org masih menggunakan versi 2.4 padahal rilis stabil versi 3.0 sudah resmi diluncurkan.

Kernel Linux pada rilis 8.10 sudah menggunakan versi 2.6.27 dengan berbagai peningkatan dan patch terhadap beberapa bug yang ada di versi sebelumnya. Dulu ketika Intrepid masih dalam status beta ada beberapa review yang mengatakan bahwa wifi dengan chipset Atheros sudah dapat bekerja tanpa tweak, tapi dari beberapa review teman-teman di milis Ubuntu Id yang terjadi malah sebaliknya.

Gnome sebagai desktop environment default di Ubuntu juga mengalami update ke versi 2.24.1 dengan tampilan yang makin menawan.

Gnome

Salah satu fitur menarik dari Gnome versi terbaru ini adalah dukungan multi tab di Nautilus versi 2.14.1 yang dinantikan banyak pengguna setia Gnome.

Nautilus

Fitur tab Nautilus

Fitur lain yang cukup menarik dari Nautilus terbaru ini memungnkinkan pengguna melepas removeable media dengan sekali klik menggunakan ikon seperti segitiga yang kini melekat pada ikon UFD atau media lainnya.

Umount dengan mudah

Buat teman-teman yang suka menggunakan koneksi 3G atau ADSL untuk tersambung ke internet kini semakin dipermudah karena Network Manager sudah menyediakan fitur yang mendukung konfigurasi koneksi ini.

Network Manager

Terakhir, ada sebuah fitur yang sangat menarik di rilis kali ini, fitur ini berguna untuk membuat Ubuntu Live USB yang akan menyalin seluruh isi Live CD ke dalam sebuah flashdisk dan menjadikannya bootable dan bisa digunakan untuk melakukan instalasi.

Make USB Startup Disk

Saya belum sempat mencoba fitur ini karena tidak punya flashdisk yang bisa “dikorbankan” untuk menjadi Ubuntu Live USB.

Sekian dulu laporan dari saya, sampai saat ini baru bisa mengoprek sampai di sini, sudah ga sabar pengen pulang dan melakukan instalasi Intrepid di kompie saya. Pesan saya, kalau Anda belum mencoba Ubuntu terbaru ini buruan deh biar tidak menyesal di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: