Linux VS Windows


Di dalam komputer pasti ada yang dinamakan dengan sistem operasi, sistem operasi adalah perangkat yang menghubungkan komunikasi antar pengguna ( user ) dengan hardware ( cpu, memory, hardisk, dll ) dengan berupa perintah – perintah. Di setiap sistem operasi maka akan berbeda perintah – perintah yang digunakan.
Sistem operasi yang ada sebenarnya banyak, namun rata – rata orang awan hanya tahu windows, itu dikarenakan sistem pendidikan dasar kita yang harus menggunakan windows dalam proses belajar mengajar sehingga kita hanya tahu 1 sistem operasi. Selain windows ada beberapa sistem operasi yaitu : MacOS, Linux, Unix, BSD, Haiku, dll. Namun yang akan dijelaskan disini adalah mengenai Linux VS Windows.

Windows merupakan sistem operasi yang tidak gratis alias berbayar, yang apabila ingin menginstallnya kita diwajibkan membayar ke microsoft. Linux merupakan sistem operasi yang Free dan Open Source sehingga kita bebas mengedit, mendistribusikan, mencopy tanpa harus membayar sepeserpun kepada siapapun. Berikut adalah keuntungan menggunakan Linux dibandingkan menggunakan Windows :

1. Linux = no virus, ya memang di Linux sampai saat ini tidak pernah di temukan virus. Apabila ada mungkin tidak sampai merusak seperti di windows yang bisa – bisa harus install ulang. Kenapa di Linux tidak ada virus dan kalau ada tidak merusak systemnya ? Karena di Linux di kenal dengan sistem permisi, jadi kalau status kita hanya sebagai user kita tidak bisa melakukan apa – apa pada file administrator. Hal ini tidak berlaku di windows, seorang user saja bisa menambah dan mengurangi program. Jadi Linux sangat aman terhadap serangan virus.

2. Linux dapat berjalan di hardware yang rendah, dikatakan rendah karena kita tidak memerlukan prosesor yang tinggi untuk menggunakan linux. Linux bisa bekerja di pentium 2 dengan ram 16mb, tentu saja ini dalam konsole mode, dan untuk grafiknya minimun pentium 3 dengan ram 32mb dan video card 4mb. Ini merupakan langkah yang paling tepat apabila komputer dirumah kita termasuk komputer golongan rendah. Tidak seperti windows yang harus memerlukan hardware dengan spesifikasi yang tinggi sehingga kita rugi dengan budget yang kita keluarkan karena dengan linux hasil yang didapat bisa lebih baik.

3. Efek desktop yang keren. Apakah kamu tahu compiz ? Compiz merupakan paket program untuk memberi efek – efek pada desktop kita, efek yang dihasilkan bisa berupa 3D, efek terbakar, efek goyang, dan efek – efek yang lain. Hebatnya lagi apabila efek – efek ini dijalankan tidak banyak memakan memory komputer kita, yang tidak seperti di windows untuk menjalankan beberapa program saja sudah memakan memory yang banyak sehingga boros memory.

4. Banyak pengembang yang tersebar di seluruh dunia untuk mengembangkan Linux sehingga saat ini sudah terdaftar banyak sekali distro yang tersebar di berbagai penjuru dunia ( mungkin sudah sampai ribuan distro ). Linux banyak dikembangkan sehingga apabila selalu update, tidak seperti windows yang hanya dikembangkan oleh pabrik pembuatnya microsoft.

5. Paket program untuk Linux bersifat open source dan bisa didownload di internet dengan mudah. Kita tidak perlu membayar berapapun kepada pembuat untuk menggunakan programnya, sehingga kita tidak termasuk pembajak^^

6. Tidak asal klik sana klik sini, di Linux kita tidak semata – mata untuk menjalankan program dengan asal klik sana klik sini yang seperti di windows, sehingga secara tidak langsung kita belajar pemograman. Otomatis kita tidak terlalu kuper dengan pemograman yang di jaman sekarang sudah merupakan sesuatu yang minimal kita tahu.

Dan masih banyak keunggulan – keunggulan Linux dibandingkan dengan windows, so tunggu apalagi install segera Linux di kompi / laptop kamu. Untuk CD / DVD instalasi gampang kok dapetnya, bisa pesen di shipit ( khusus Ubuntu dan keluarganya ), bisa copy / bakar sendiri dari temen, atau sekalian pinjem temen, dan yang jelas gak mungkin temen kamu nolak malahan dia pasti bersedia membantu.

Go Open Source….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: